BLANTERORBITv102

    Cara Menghilangkan Akhiran Url ?m=1 dan ?m=0 Pada Postingan Blog

    17.10.21
    Panduan blogging kali akan membahas tentang cara menghilang akhiran ?m=1 atau ?m=0 pada akhiran alamat url postingan, atau alamat url homepage blog.

    Beberapa blogger mungkin sering menemukan akhiran url dengan ?m=1 pada tiap postingan mereka, apalagi jika tema yang dipakai masih dengan tema bawaan blogger itu sendiri yang belum pernah dimodifikasi script html apapun.

    Cara Menghilangkan Akhiran Url ?m=1 dan ?m=0

    Apa akhiran url ?m=1 ini mengganggu? Jika saya yang diberikan pertanyaan itu maka jelas saya pastikan mengganggu. Dengan contoh, disaat ingin melakukan copy paste beberapa url postingan dengan langkah yang cepat, maka akhiran url ?m=1 ini akan selalu terbawa. Atau disaat ingin copy sebuah url pada blog yang akan dibagikan ke beberapa media sosial, maka akhiran url ?m=1 pun akan terbawa.

    Meskipun tidak mempengaruhi sebuah postingan, tetapi akan terasa mengganggu disaat ingin mendapatkan sebuah alamat url yang murni tanpa akhiran ?m=1. Dan dibeberapa preview thumbnails postingan sosial media, ada beberapa thumbnails yang hilang jika menyertakan ?m=1 pada akhiran postingan tersebut.

    Dan di segi SEO apakah ini berpengaruh akhiran url ?m=1 tersebut? beberapa blogger menyebutkan bahwa url ?m=1 akan menjadikan duplikat url pada sebuah postingan, yang akan mempengaruhi alamat kanonikal yang utama.

    Tapi sebagian mengganggap akhiran url ?m=1 tidak akan menjadi masalah disaat konten yang kamu tulis adalah konten yang berkualitas dan akan tetap menjadi perujuk yang diperhitungkan agar dimunculkan di halaman utama sebuah mesin pencari seperti Google.

    Jadi apa itu sebenarnya ?m=1 dan juga ?m=0 yang terdapat pada akhiran url? Jika kamu membuka sebuah postingan melalui smartphone maka dipastikan ?m=1 akan di sertakan di akhir url postingan tersebut, dikarenakan sebuah akhiran ?m=1 diartikan versi mobile.

    Dan untuk ?m=0 itu sendiri akan disertakan jika kamu membuka sebuah postingan sebuah blog atau website melalui sebuah peramban desktop. Maka yang membedakan ?m=1 dan juga ?m=0 hanyalah perangkat yang dipakai pada saat membuka postingan tersebut.

    Lalu bagaimana caranya agar ?m=1 atau ?m=0 tersebut agar hilang pada akhiran url postingan atau homepage blog kamu? Cukup kamu tambahkan script di bawah ini pada pilihan edit html blog kamu.

    • Masuk ke pengaturan blog.
    • Pilih Tema.
    • Pilih Edit HTML.
    • Dan salin script html di bawah ini untuk kamu letakan sebelum atau tepat di atas tag </body>, ctrl-f dan masukan tag tersebut agar mudah ditemukan. biasanya tag tersebut terdapat pada bagian akhir script html.
    <script type='text/javascript'>
    var uri = window.location.toString();if (uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;,&quot;?m=1&quot;) &gt; 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}
    </script>

    • Kemudian save editor HTML 


    Itulah cara menghilangkan akhiran url ?m=1 ataupun ?m=0 pada postingan ataupun homepage blog kamu, dan dapat kamu terapkan untuk melihat hasilnya. 


    Author

    Rendi Adetia Sapoetra

    kilaskerja.com || rasapoetra.com || usulin.com